Informasi Terkini

Selasa, 17 Desember 2019

Gigi Sensitif dan Perawatannya

Gigi sensitif dan perawatannya harus mendapatkan perhatian serius. Keluhan pada gigi akan berdampak pada keseluruhan aktifitas. Dan  kejadian seperti ini sangat mungkin menimpa semua orang, apalagi jika anda berada di rentang usia 25-30 tahun. Gigi sensitif sering menyiksa karena rasa ngilu pada beberapa kondisi, misalnya ketika mengonsumsi minuman atau makanan tertentu, ini disebabkan oleh lapisan email yang melindungi gigi kian berkurang atau menipis, sehingga terbukalah lapisan dentin ( lapisan kedua gigi ) yang menyambungkan email dengan syaraf terdalam pada gigi.



Kasus lainnya adalah gigi yang sedikit terangkat dari gusi, karena cara menyikat yang tidak sesuai kaidah, atau gigi retak akibat masuknya bakteri dari plak sehingga menyebabkan inflamasi ( peradangan ), adapula karena kebiasaan mengasah gigi atau menggunakan pemutih dan mouthwash.

Untuk menghindari hal tersebut, kendalikan diri anda dari godaan makanan dan minuman yang justru dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi gigi sensitif anda. Seperti permen, coklat, ice cream dan minuman dingin dari dalam kulkas. Bersabarlah dengan kopi atau teh panas anda, tunggu sampai minuman itu terasa sedikit lebih hangat. Gunakan pasta gigi berfluoride, ini bisa membantu mengurangi ngilu  dan menumbuhkan kembali email gigi anda yang rusak.

Carilah obat kumur yang khusus diperuntukan para penderita gigi sensitif, biasanya yang mengandung netral sodium fluoride. Penggunaan sikat gigipun perlu berhati-hati, jangan memilih sikat gigi yang berbulu keras ( hard ), carilah  yang  lunak ( soft ), itu akan membuat anda merasa lebih comfertable .

Sikatlah gigi  dengan cara benar, yang dicontohkan oleh dokter gigi anda. Perhatikan tekanannya, jangan terlalu tergesa-gesa, usahakan untuk tetap lembut tetapi bertenaga.

Biasakan  pergi ke dokter, untuk menjaga kesehatan gigi dan merawatnya  atau sekedar berkonsultasi tentang keadaan gigi anda, meminta petunjuk pasta gigi atau mouthwash apa yang harus anda gunakan. Jangan abaikan keluhan sekecil apapun dan menunggu keadaan gigi anda memburuk, karena itu bisa saja menjadi sebuah permasalahan yang merepotkan anda di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar