Informasi Terkini

Selasa, 17 Desember 2019

Gejala Kanker Usus Besar

Gejala kanker usus besar tidak selalu dapat dilihat dengan jelas tapi kita bisa belajar merasakan dan tahu seperti apa gejala dan tanda-tandanya. Memahami gejala dan tanda-tanda kanker itu penting karena kita bisa mempergunakan pengetahuan ini untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengetahui penyebabnya serta menjaga kesehatan diri dalam jangka waktu panjang. Tidak semua dokter memberitahu pendapat mereka. Kita yang harus konsultasi dan bertanya secara aktif.



Yang harus diketahui pertama kali adalah apa yang dimaksud dengan usus besar itu? Usus besar adalah bagan penting dari sistem pencernaan manusia dan memiliki peran besar dalam membantu tubuh menyerap nutrisi, mineral dan air. Usus besar juga membantu menyingkirkan kotoran tubuh dalam bentuk feces atau kotoran yang dibuang. Usus besar ini adalah bagian terbesar dari usus, panjangnya kira-kira 20 meter pada orang dewasa.

Apa saja gejala kanker usus besar? Banyak gejala yang bisa
muncul namun di tahap awal, orang yang memiliki kanker usus besar malah tidak mendapat gejala sama sekali. Itulah sebabnya orang yang sudah berumur 50 tahun sebaiknya melakukan screening secara reguler sebagai investasi kesehatan di masa depan. Semakin bertambah usia maka risiko penurunan kesehatan dan munculnya penyakit semakin besar.

Gejala kanker usus biasanya ada dua jenis yaitu lokal dan sistemik. Gejala lokal kanker usus besar memberi efek pada kebiasaan orang di kamar mandi dan kinerja usus itu sendiri, diantaranya perubahan jam urinasi, konstipasi (sembelit), diare, kotoran berwarna kehitaman, merasa tidak bisa mengosongkan perut sepenuhnya, bentuk kotoran lebih kecil dari biasanya, ketidaknyamanan di perut, kembung, sakit ketika buang gas atau kram di perut.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut selama dua minggu, hubungi segera dokter Anda untuk mendiskusikan apa yang Anda rasakan dan mengatur waktu untuk melakukan tes yang bisa memastikan gejala yang Anda alami.

Gejala kanker usus sistemik memberi efek terhadap seluruh tubuh seperti berkurangnya berat badan, tidak nafsu makan, sakit kepala yang tidak diketahui penyebabnya, muntah-muntah, anemia serta kulit berwarna kekuningan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut dalam waktu yang cukup lama, jangan ragu untuk segera berdiskusi dengan dokter Anda.

Apa yang harus dilakukan jika melihat gejala kanker usus besar pada diri Anda sendiri? Yang pasti adalah mengunjungi dokter untuk segera berbicara serius dan mendiskusikan gejala-gejala yang terlihat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar