Informasi Terkini

Jumat, 20 September 2019

3 Tips Mencari Ticket Pesawat Murah, Walaupun Sedang Tidak Promosi

Pada tahun 2013, semua maskapai ber-budget rendah berlomba memberi harga ticket pesawat murah. Saya sudah pernah memperoleh tiket pesawat palembang jakarta pulang pergi seharga Rp 110.000 untuk dengan Citilink serta Rp350.000 untuk rute Jakarta-Bali dengan Air Asia.



Tetapi itu dahulu. Sekarang, semenjak Menteri Perhubungan Ignasius Jonan keluarkan ketentuan tentang batas penawaran harga paling rendah ticket pesawat dari maskapai untuk penumpangnya, memperoleh harga Rp 700.000 untuk rute Jakarta-Bali termasuk tidak mungkin, serta waktu promosi. Belum juga, maskapai-maskapai juga tidak membuat promosi sekerap dahulu .

Tetapi dengan tiadanya promosi, bukan bermakna Anda tidak dapat memperoleh ticket murah. Faktanya, saya dapat memperoleh ticket PP Jakarta-Bali seharga Rp800.000 saja di periode lebaran tahun 2013. Tahun kemarin waktu saya memperoleh ticket Jakarta-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Johor Baru, serta Singapura-Jakarta seharga keseluruhan Rp800.000 saja. Saya yakin, Anda masih dapat memperoleh ticket murah, asal Anda ketahui triknya. Di sini, saya akan bagikan tips-nya dengan Anda.

1. Lihat ke mana arah Anda
Arah Anda memastikan waktu paling baik beli ticket untuk memperoleh harga paling murah. Bila rute pilihan Anda ialah rute yang banyak dilayani maskapai (khususnya maskapai anggaran rendah), seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, serta Surabaya, karena itu Anda harus pandai-pandai membaca harga, sebab harga condong fluktuatif. Jadi, bila Anda temukan satu harga yang Anda fikir ialah harga paling murah yang dapat Anda temukan, karena itu saya anjurkan supaya Anda beli tiketnya waktu itu juga.

Tetapi bila rute yang Anda pilih ialah rute yang tidak dilayani oleh maskapai ber-budget rendah ataulah bukan rute “ramai” pelancong, seperti Banjarmasin, Belitung, Tanjung Pinang, serta Banda Aceh, karena itu kapan juga Anda beli tiketnya, baik dua bulan, sebulan, atau serta 1 minggu sebelum keberangkatan, harga tidak menunjukkan ketidaksamaan yang relevan. Kenapa? Sebab maskapai yang layani rute ini mengaplikasikan skema year-round fare yang berarti harga ticket pesawat akan kira-kira sama selama tahun, terkecuali pada high season, seperti Lebaran serta berlibur akhir tahun.

2. Lihat maskapai yang Anda pilih
Sesudah pilih rute, lihat maskapai yang layani rute itu. Kecenderungannya, harga Low Biaya Carrier (LCC) tambah murah bila dipesan dari jauh hari serta bertambah mencolok bila dipesan cuma beberapa minggu atau beberapa waktu sebelum keberangkatan. Sesaat maskapai full-service condong mengaplikasikan year-round fare di harga ticket pesawatnya hingga kira-kira sama selama tahun. Justru kadang, harga ticket pesawat full-service dapat tambah murah daripada LCC bila kita membelinya lebih dekat sama hari keberangkatan.

Dikit panduan bila Anda memakai Lion Air, sering-sering lah memonitor harga. Sebab berdasar pengalaman saya, Lion Air salah satu airline yang seringkali alami pergantian harga. Dalam satu hari, Lion Air dapat merubah harga 2 sampai 3 kali, umumnya pada pagi hari, siang hari, serta larut malam. Tetapi, bila Anda teratur memonitor gerakan harga, karena itu trennya akan bisa dibaca. Umumnya, mereka akan memakai range harga yang sama, cuma dibedakan di jam penerbangannya saja. Bila penerbangan yang Anda bidik mendadak bertambah harga, jangan tergesa-gesa beli waktu itu sebab Anda berpikir harga akan bertambah terus. Justru sebaliknya, coba nantikan serta lihat beberapa waktu ke depan. Bila Anda lihat range harga antar satu penerbangan serta penerbangan lain telah bertambah, karena itu Anda dapat beli tiketnya waktu itu, sebab bermakna harga dasarnya sudah tambah tinggi dibandingkan awalnya.

3. Lihat periode perjalanan, hari pergi serta pulang Anda
Akhir minggu, long weekend, serta musim berlibur tetap mahal. Jadi, coba berlibur di periode low-season, seperti bulan September-November serta Februari-April. Tidak hanya periode berlibur, hari keberangkatan serta pulangnya memastikan harga ticket Anda. Gabungan Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu, atau Sabtu-Senin ialah gabungan termahal. Bila Anda ingin cari harga terjangkau serta ingin menyiasati jumlahnya cuti kantor Anda, saya anjurkan untuk coba gabungan Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, serta Minggu-Rabu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar